Bupati Nias: Kasek Harus Mampu Kelola Sekolah

Sökhi’atulö Laoli

GUNUNGSITOLI, NBC Kepala sekolah dituntut harus berkemampuan untuk mengelola administrasi dan menajemen sekolah, serta dapat membantu pengawas sekolah memberikan bimbingan kepada para guru dalam aspek pendalaman materi serta penguasaan metodologi pembelajaran yang efektif.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Nias Sökhi’atulö Laoli saat memberikan arahan dan bimbingan seusai acara pelantikan 126 tenaga pendidik di lingkungan Pemerintah kabupaten Nias, di ruang rapat lantai III, kantor Bupati Nias, di Ononamölö I Lot, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Kota Gunungsitoli, Selasa (31/1/2012).

Ke-126 tenaga pendidik yang dilantik oleh Bupati Nias di Kantor Bupati Nias  adalah tenaga pendidik yang menduduki jabatan sebagai kepala sekolah dan pengawas sekolah.

Dalam arahannya, Bupati Nias menyampaikan bahwa pejabat fungsional kependidikan pengawas dan kepala sekolah merupakan suatu jabatan yang mengedepankan profesionalitas di bidang pendidikan, yang berguna untuk meningkatkan mutu pendidikan serta memelihara kesinambungan proses belajar-mengajar pada pencapaian optimalisasi pendidikan di Kabupaten Nias.

Sukseskan Wajib Belajar

Dengan demikian, kata Sökhi’atulö, pencapaian optimalisasi pendidikan sebagaimana yang dituangkan pada visi dan misi Bupati Nias dan Wakil Bupati Nias periode 2011-2016, dalam mencapai pendidikan dasar dan menengah yang bermutu tinggi serta pengingkatan partisipasi anak usia sekolah dalam menyukseskan program wajib belajar.

Secara administrasi kepegawaian, tambah Sökhi’atulö, jabatan pengawas dan kepala sekolah bukanlah suatu jabatan struktural, tetapi merupakan suatu jabatan fungsional yang mengelola pendidikan, serta berkesempatan untuk dapat mengembangkan karier.

“Oleh karena itu, semangat belajar merupakan suatu modal utama untuk memperoleh ilmu yang memiliki daya saing, dengan didukung peranan penting dan strategis dan cakupan tugas yang begitu kompleks,” ujarnya.

Pada akhir kata arahannya, Bupati Nias menjelaskan bahwa tugas dari kepala sekolah dan pengawas merupakan suatu tugas yang mulia dalam mewujudkan masa depan generasi penerus bangsa yang cerdas, kreatif, mandiri, serta berkualitas.

Hadir pada acara itu Wakil Bupati Nias Arosökhi Waruwu, Sekda Nias, O’özatulö Ndraha, Ketua DPRD Kabupaten Nias, seluruh Kepala SKPD dan unsur Muspida Kabupaten Nias.  [WAN]

Top