Kodim 0213 Nias Buka Pendaftaran Calon Tamtama

Dandim 0213 Nias Letkol Kav Rayen Obersyl

GUNUNGSITOLI, NBC — Kodim 0213 Nias membuka pendaftaran calon Tamtama Prajurit Karier TNI AD gelombang I Tahun Ajaran 2012 bagi generasi muda atau warga negara Indonesia khususnya di wilayah kepulauan Nias. Pendaftaran dibuka 9 Januari hingga 20 Januari 2012 dan tidak dipungut biaya.

Dandim 0213 Nias Letkol Kav. Rayen Obersyl, mengatakan bahwa untuk pertama kali Kodim 0213 Nias membuka pendaftaran calon Tamtama TNI AD dan nantinya akan dilaksanakan seleksi bagi yang sudah mendaftar di Kota Gunungsitoli.

“Dengan dibukanya peluang menjadi calon Tamtama TNI-AD  yang dilaksanakan sepenuhnya di Gunungsitoli, pemuda Nias mendapat peluang besar untuk menjadi calon TNI-AD, baik lulusan SLTP maupun SMA,” kata Obersyl, Rabu (11/1/2012).

Menurut dia, dengan dilaksanakannya penerimaan calon dan seleksi di Kota Gunungsitoli, biaya yang dikeluarkan oleh para calon Tamtama TNI AD lebih ringan dibandingkan penerimaan-penerimaan sebelumnya yang dilaksanakan di luar daerah.

“Kali ini dengan dibukanya pendaftaran dan seleksi di Kota Gunungsitoli, biaya yang dikeluarkan para calon Tamtama akan lebih sedikit dibanding bila pelaksanaanya di luar daerah, seperti di Sibolga dan Medan,” ujarnya.

Tidak Dipungut Biaya

Obersly menjelaskan bahwa, selama ini, animo pemuda masyarakat kepulauan Nias untuk menjadi prajurit TNI AD masih rendah. Seperti pada tahun sebelumnya, yang mendaftar hanya 16 orang dan yang berhasil lulus hanya 1 orang.

Masyarakat Nias masih banyak yang beranggapan, bila mendaftar menjadi calon anggota TNI AD harus menggunakan uang/sogok-menyogok, agar dapat lulus berbagai tes dalam menyeleksi para calon TNI AD.

“Penerimaan calon TNI AD itu tidak pernah diminta uang untuk meloloskan para calon dan pada pelaksanaan seleksi kali ini bila ada yang memungut biaya kepada para calon, dapat dilaporkan kepada saya dan akan menindak oknum yang meminta uang tersebut,” tutur Obersly.

Obersyl menjelaskan bahwa para pemuda Nias yang ingin mendaftarkan diri menjadi calon Tamtama TNI AD, harus memenuhi beberapa syarat baik dari segi umur, kesehatan, maupun perilaku.

“Para pemuda Nias yang ingin mendaftarkan dirinya, harus memenuhi syarat, seperti umur mulai dari 18-20 tahun, pendidikan terakhir SLTA atau sederajat, sehat jasmani-rohani, dapat berenang, tidak pernah terlibat masalah kriminal,” ungkapnya.

Selain itu Obersyl juga menjelaskan, pada 24 Januari hingga 31 Januari 2011, para calon yang sudah mendaftarkan diri akan dipanggil di Kodim 0213 Nias untuk melakukan bimbingan tes.

“Kami akan mendidik mereka, baik jasmani, kesehatan, kita ajari psikologi, sehingga saat testing nantinya mereka akan lebih siap menjawab semua pertanyaan dari para penyeleksi, ungkapnya. [IL]

Top