Wali Kota Gunungsitoli Ajak Warga Sadar Lingkungan

Wali Kota Gunungsitoli Martinus Lase, secara simbolis melakukan penanaman pohon dalam kegiata Hari Menanam Pohon Indonesia tahun 2011.

GUNUNGSITOLI, NBC – Memperingati Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) yang jatuh pada tanggal 28 November 2011, Wali Kota Gunungsitoli Martinus Lase, mengajak warga kota sadar akan kelestarian lingkungan.

“Gerakan menanam pohon bertujuan mencegah bencana banjir dan longsor, serta pencegahan dampak dari perubahan iklim. Dengan kebersamaan, masyarakat semakin sadar untuk berperan dalam rehabilitasi hutan dan lahan,” kata Wali Kota, dalam sambutannya pada acara HMPI di Kantor Camat Gunungsitoli, Senin (28/11/2011).

Wali Kota menuturkan, Kota Gunungsitoli merupakan wilayah daerah aliran sungai (das) yang perlu didukung oleh pemanfaatan lahan untuk budidaya pertanian lahan kering di daerah hulu, “Hulu das merupakan daerah resapan penting, apabila hulu  mengalami kerusakan, maka  akan memicu terjadinya banjir, erosi, dan longsor,” katanya.

Pengamatan NBC, setalah acara sambutan dari Walikota Gunungsitoli Martinus Lase, dilanjutkan dengan acara penyerahan pohon kepada petani dan penanaman pohon oleh Wali Kota dan peserta acara HMPI.

Dalam acara tersebut, turut hadir, Wakil Wali Kota Gunungsitoli, Ketua DPRD Kota Gunungsitoli, Dandim 0213 Nias, Wakil Kapolres Nias, Unsur Muspida, seluruh SKPD Kota Gunungsitoli,Camat se-Kota Gunungsitoli, PKK Kota Gunungsitoli. [IL]

3 Comments

Top