Bupati Nias Minta SKPD Proaktif Mendukung RPJMD 2011-2016

Musrenbang RPJMD Kabupaten Nias 2011-2016

GUNUNGSITOLI, NBC – Untuk mendorong percepatan pembangunan, Bupati Nias Sӧkhiatulo Laoli, meminta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) proaktif dalam menyusun dan mengawal Rencana Pembangunan Jangkah Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Nias 2011-2016.

“Penyusunan rencana pembangunan dalam jangka panjang, menengah dan tahunan berfungsi sebagai kerangka acuan implementasi kebijakan pembangunan dalam berbagai aspek dan dimensi pembangunan,” kata Bupati, saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) RPJMD Kabupaten Nias 2011-2016, di Aula Kantor Bupati Nias, Jalan Pelud Binaka, Ononamӧlӧ I Lot, Kecamatan Gunungsitoli Selatan, Rabu (9/11/2011).

Bupati menuturkan,  berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 54 Tahun 2010 tentang Pelaksanaan Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2008, tata cara penyusunan, evaluasi dan pengendalian pelaksanaan rencana pembangunan daerah menyatakan bahwa, salah satu agenda perencanaan pembangunan daerah pasca pelantikan kepala daerah yaitu penyusunan RPJMD.

“Tahapan pembuatan RPJMD terlebih dahulu adalah pelaksanaan Musrenbang sebagai upaya lebih lanjut dalam memboboti dan mempertajam rancangan RPJMD, setelah melalui tahapan konsultasi publik dan kesepakatan kebijakan umum dengan lembaga legislatif sebelum dibahas dan disepakati bersama untuk menjadi Peraturan Daerah,”kata Bupati.

Hadir dalam acara tersebuat, Wakil Ketua dan Anggota DPRD, Ketua Pengadilan Negeri Gunungsitoli, Kapolres Nias, perwakilan Bappeda Provinsi Sumatera Utara, Ketua TP-PKK, Pimpinan BUMN dan BUMD, Camat se-Kabupaten Nias, para tokoh agama/masyarakat, pimpinan Perguruan Tinggi, LSM, Ormas, dan Media Massa. [IL/NM]

2 Comments

Top