Bhayangkari Nias Gelar Aksi Penanaman Pohon

GUNUNGSITOLI, NBC — Memperingati Hari Perempuan yang jatuh pada tanggal 25 November 2011, Bhayangkari Nias menggelar aksi penanaman 40 bibit rambutan dan 10 bibit mahoni di Markas Polisi Resort Nias Jalan Melati, Kota Gunungsitoli, Senin (28/11/2011).

Sebelumnya, Bhayangkari Nias juga telah melakukan penanaman pohon di Kecamamatan Gunungsitoli dan Kecamatan Gunungsitoli Barat, dan Kecamatan Gidӧ di Kabupaten Nias.

“Aksi penanaman pohon yang dilakukan Bhayangkari Nias sebagai wujud kepedulian pada lingkungan sekitar. Selain itu, penanaman pohon ini bertujuan untuk mencegah banjir dan longsor,” kata Mery Larosa, Anggota Bhayangkari, yang juga istri Kasat Reskrim Polres Nias, Ajun Komisaris Enieli Hulu.

Mery Larosa menuturkan, pada tahun 2007, Bhayangkari Nias juga telah melakukan penyulaman bibit atau mengganti bibit tanaman yang pertumbuhannya kurang baik, di Desa Onowaombo dan Desa Tumӧri. “Untuk menjaga pertumbuhan tanaman, setiap sebulan sekali dilakukan monitoring dan pemupukan,” terangnya.

Mery Larosa berharap, warga merawat dan menjaga bibit tanaman yang telah ditanam oleh Bhayangkari Nias, “Tanaman tersebut akan bermanfaat untuk kepentingan bersama, terutama dalam mencegah banjir,” tukasnya.

Pemkot Gunungsitoli dukung program penanaman 1 miliar pohon

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Pertanian, Pertenakan, Kelautan dan Perikanan Kota Gunungsitoli, Yosua Lase, kepada NBC mengatakan, dalam mendukung program penanaman 1 miliar pohon atau One Billion Indonesian Treers, yang dicanangkan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

“Sepanjang tahun 2011, telah ditanam 600 ribu bibit mahoni disejumlah tempat di Kota Gunungsitoli. Bibit mahoni berasal dari bantuan Kementerian Kehutanan Republik Indonesia,” terang Yosua Lase.

Yosua Lase juga menjelaskan, mulai bulan Desember 2011, kegiatan penanaman pohon akan diikuti 98 kelompok tani dari 41 desa. Kegiatan penanaman pohon dipusatkan di 25 sejumlah fasilitas umum dan sosial. [IH/IL]

Top