Sampah Menumpuk di Kantor Wali Kota Gunungsitoli

Tumpukan sampah di halaman belakang Kantor Perindagkop dan UMKM Kota Gunungsitoli (satu komplek dengan Kantor Wali Kota Gunungsitoli). (Foto: Nitema Mendrofa)

GUNUNGSITOLI, NBC – Sampah bukan hanya menumpuk di pasar dan ruas-ruas jalan di Kota Gunungsitoli. Sampah juga menumpuk di halaman belakang Kantor Perindagkop dan UMKM Kota Gunungsitoli—yang berada di komplek Kantor Wali Kota Gunungsitoli.

Pengamatan NBC pada, Kamis (18/8/2011), tumpukan sampah dihalaman belakang Kantor Peridagkop dan UMKM Kota Gunungsitoli mulai menebarkan aroma busuk dan pemandangan yang tidak sedap dipandang mata.

Seorang PNS yang tidak ingin disebutkan identitasnya mengatakan, tumpukan sampah itu hampir sepekan tidak diangkat oleh petugas kebersihan. “Baunya sampai keruangan saya,” katanya sambil menunjuk sebuah ruangan.

Sementara itu, Fa’ahakhö Dödö Telauambanua, Ketua LSM Forum Mahasiswa Pemuda Kepulauan Nias (Formappnis), yang berada di lokasi, kepada NBC mengatakan, prihatin terhadap kinerja petugas kebersihan kota, yang berada di bawah Dinas Tarukim. “ “Kepala Dinas Tata Ruang Kota Gunungsitoli tidak mampu menangani masalah sampah. Bahkan, di lingkungan kantor Walikota Gunungsitoli terlihat tumpukan sampah,” katanya.

Fa’ahakhö menghimbau kepada Wali Kota untuk segera mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Tarukim. “Sampah di lingkungan Kantor Wali Kota saja bertumpuk. Apalagi di pasar dan jalanan,” ujarnya.

Sebelumnya, Anggota DPRD Kota Gunungsitoli, Exodius Harefa menuding, Kepala Dinas Tarukim Ignatius Harefa tidak mampu menangani persoalan sampah di Kota Gunungsitoli. Exodius berharap Wali Kota dapat mengevaluasi kinerja Kepala Dinas Tarukim.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Tarukim Kota Gunungsitoli Marthin Harefa, mengaku pihaknya telah berupaya keras membersihkan tumpukan sampah di Kota Gunungsitoli, bahkan dua truk sampah disewa untuk mengangkut sampah. [NM]

Top