Objek Wisata Pantai Ramai Dikunjungi Warga

Ratusan pengunjung memadati Pantai Turögalökö untuk berlibur bersama keluarga atau kerabat dekat. (Foto: Yulianus Harefa)

LAHEWA,NBC – Sejumlah objek wisata pantai di Lahewa, Kabupaten Nias Utara paling ramai dikunjungi warga saat liburan  dibandingkan beberapa lokasi wisata lainnya. Seperti di Pantai Turögalökö, Lahewa, Minggu (31/7/2011), ratusan warga memanfaatkan liburan untuk bersantai dengan keluarga dan kerabat dekat.

Objek wisata pantai itu, ramai dikunjungi warga karena air laut yang jernih dan masih memiliki keindahan alam. “Kami datang di Pantai Turögalökö karena memang pemandangannya masih sangat asri serta tidak ribut dari suara kendaraan,” kata Nani Zalukhu, seorang pengunjung yang datang bersama keluarga.

Warga yang mengunjungi lokasi itu tidak dipungut biaya, karena belum memiliki petugas wisata secara resmi dari pemerintah daerah.

“Setiap hari Minggu Pantai Turögalökö ramai dikunjungi. Pemerintah mencanangkan pantai ini sebagai lokasi pariwisata,” kata Ama Hendri Harefa, salah satu warga yang tinggal di lokasi tersebut.

Di lokasi pantai terdapat sejumlah speedboat yang membawa pengunjung mengitari sebuah pulau yang terletak sekitar 2 kilometer dari bibir pantai. Disana pengunjung dapat melihat puluhan monyet liar yang menghuni pulau itu.

Sejumlah wisatawan mancanega mendiami rumah panggung yang berada disekitar bibir Pantai Turödawöla. (Foto: Yulianus Harefa)

Kondisi serupa terjadi di objek wisata Pantai Turödawöla  Kecamatan Afulu, sekitar 15 kilometer dari  Pantai Turögalökö . Walau tidak seramai Pantai Turögalökö, pemandangan di Pantai Turödawöla sedikit berbeda dengan kehadiran beberapa wisatawan mancanegara, yang mendiami 2 rumah panggung.

Informasi yang diterima dari warga setempat sejumlah warga asing telah membeli sejumlah lahan di sekitar  Pantai Turödawöla.

Ferdie (34), seorang wisatawan dari Inggris, kepada NBC  mengatakan, bila dikelola dengan baik, Pantai Turödawöla akan menarik perhatian wisatawan dari luar. “Pemandangan disini indah, tp belum di urus,” kata dia, yang sedikit fasih Bahasa Indonesia.
Sejumlah warga berharap pemerintah daerah untuk memperhatikan objek wisata, dengan memperbaiki beberapa fasilitas pendukung agar benar-benar disukai turis mancanegara dan domestik.  [YH]

One Comment;

  1. Santo Nias said:

    Selamat siang semuanya,….ternyata kebutuhan akan wisata juga merupakan kebutuhan masyarakat untuk menghilangkan kepenatan/kejenuhan dalam beraktifitas, dan luar biasa, pantai yang ada di Pulau Nias sungguh indah tidak kalah bagusnya dengan daerah lain, semoga pembenahan dan perawatan terus di pertahankan dan ditingkatkan,….maju terus Pulau Nias.

    God Bless You,All !!!!

Top