Bupati Lantik 26 Kepala Desa Se-Kabupaten Nias Utara

Sebanyak 26 kepala desa di Kabupaten Nias Utara dilantik oleh Bupati Nias Utara Edward Zega, Rabu (27/6/2011).

LOTU, NBC – Sebanyak 26 kepala desa yang mengikuti pemilihan kepala desa  tahap I tahun 2011 Kabupaten Nias Utara, Rabu (27/7/2011),  dilantik oleh Bupati Nias Utara Edward Zega di halaman kantor bupati, Lotu.

Lima desa lainnya, yang seyogianya  masuk dalam pemilihan kepala desa tahap I, terkendala dalam proses pilkades, antara lain, Desa Moawö  dan Desa Hiligoduhoya (Kecamatan Lahewa); Desa Tefa’o (Kecamatan Lahewa Timur) serta Desa Lawira II dan Desa Baho (Kecamatan Lotu).

Folo’o Hulu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Nias Utara, yang dikonfirmasi NBC di ruang kerjanya, mengatakan, pemilihan kepala desa  di Desa Moawö dinyatakan batal karena panitia dinilai tidak indenpenden dalam penerimaan bakal calon kepala desa. Menunggu pelaksanaan pilkades tahap II, pemerintah mengangkat pejabat sementara kepala desa.

Adapun di Desa Hiligoduhoya dan Desa Tefa’o dinyatakan batal karena tidak memenuhi kuorum  serta di Desa Lawira II dan Desa Baho pelaksanaan pilkades gagal atas rekomendasi dan usul Badan Permusyawaratan Desa (BPD) serta masyarakat untuk membatalkan pemilihan kepala desa tahap I itu.

Informasi yang diterima NBC, pelaksanaan pemilihan kepala desa tahap kedua di 28 desa rencananya dilaksanakan pada Oktober 2011. Dikabarkan, Desa Hiligoduhoya dan Desa Tefa’o, yang telah melaksanakan pemilihan kepala desa sebanyak 2 kali, tidak dapat mengikuti tahap II karena ketiadaan anggaran.

Dalam acara pelantikan itu hadir Wakil Bupati Nias Utara Fangato Lase, Sekretaris Daerah Nias Utara Haogösökhi Hulu, Kepala Kepolisian Sektor Tuhemberua AKP Arifeli Zega, Komandan Rayon Militer Tuhemberua Kapten Fetianus Zega, dan jajaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Nias Utara. [YH]

Top