Pasangan Nomor Urut 4: Nias Maju dan Sejahtera

Pasangan DAMILIZARO (Foto: Onlyhu Ndraha)

GUNUNGSITOLI, NIAS-BANGKIT.com ― Pasangan nomor urut 4, yaitu Damili R. Gea-Aliuzaro Telaumbanua selanjutnya disebut DAMILIZARO, memiliki slogan: “Pilihanku Bupati atau Wakil Bupati Nias Sahabat Semua Masyarakat Desa.” Pada saat penyampaian visi-misi di hadapan DPRD Kabupaten Nias, Sabtu (19/3/21011) mengaku layak dipilih karena telah mengetahi kondisi dan terbukti telah berbuat nyata, bukan hanya mimpi dan wanaca.

Pada pemaparan visi-misi itu, pasangan DAMILIZARO membeberkan segala potensi dan kondisi umum Kabupaten Nias kini dan dari kondisi umum tersebut mereka pun memiliki visi dan misi 5 tahun ke depan, yaitu Nias Maju, Berbudaya, dan Sejahtera.

Maju adalah pergerakan untuk melangkah menuju suatu kondisi yang lebih baik ke depan ditilik dari berbagai aspek dan dimensi kehidupan. Berbudaya adalah memiliki pikiran dan akal yang sudah maju berdasarkan nilai-nilai budaya Nias yang baik sehingga menjadi identitas yang melekat pada masyarakat Nias, yang harus ditumbuhkembangkan seiring dengan laju pembangunan, serta menjadi perekat keselarasan dan stabilitas sosial, dengan tetap menghargai pluralisme dalam bingkai NKRI.

Sementara untuk mencapai visi tersebut, pasangan DAMILIZARO mengusung misi, yaitu meningkatkan perekonomian masyarakat dengan mengembangkan basis ekonomi kerakyatan di pedesaan, serta memberikan kesempatan yang seluas-luasnya kepada dunia usaha untuk pengembangan potensi yang dimiliki oleh daerah; Membangun pemerintahan yang demokratis, berkeadilan, transparan, akuntabel, dalam tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, dan efektif.

Selain itu, DAMILIZARO juga akan memantapkan penataan prasarana infrastruktur dan sarana daerah yang merata di seluruh Kabupaten Nias; Menjamin pemenuhan hak publik terhadap pemerintahan, pendidikan, dan kesehatan, dengan meningkatkan pelayanan serta ketersediaan dana yang besar di sektor publik; Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang sehat, cerdas, profesional, humanis, beretika, dan berbudaya.

DAMILIZARO, yang didukung oleh 4 partai politik itu― Partai Demokrat, Partai Pelopor, PPD dan Partai Barnas―juga menetapkan kebijakan dan regulasi lokal dalam rangka menjamin hak-hak masyarakat Kabupaten Nias secara proporsional. Mengembangkan kerja sama antara daerah dan pihak ketiga dengan prinsip saling menguntungkan untuk kepentingan masyarakat Kabupaten Nias yang lebih luas.

Dari visi dan misi yang disampaikan, DAMILIZARO memiliki agenda pembangunan yang meliputi pembangunan infrastruktur dan prasarana daerah; Pembangunan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan rakyat; Perbaikan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik; Peningkatan kapasitas dalam penanggulangan bencana alam dan pengelolaan lingkungan hidup; serta Peningkatan sumber daya manusia dan penurunan tingkat pengangguran. [ON]

Top