Visi-Misi Pasangan Yupiter Gulö dan Raradödö Daeli

LAHÖMI, NIAS-BANGKIT.com — Redaksi NBC menerima visi-misi dari pasangan calon bupati/wakil bupati Nias Barat, Yupiter Gulö dan Raradödö Daeli. Berikut visi, misi, dan program pasangan yang menyebut dirinya “PIRA” ini bila mereka dipilih rakyat pada Pemilihan Umum Kepala Daerah Kabupaten Nias Barat, 2 Februari 2011.

Visi: Terbentuknya dasar yang kuat dalam upaya mewujudkan masyarakat Kabupaten Nias Barat yang makmur dalam kesejahteraan dan kemakmuran.

Misi : Meningkatkan kualitas pelayanan publik; Membangun sarana dan prasarana infrastruktur;  Meletakkan dasar-dasar yang kuat dan strategis dalam pembangunan perekonomian kerakyatan;  Meningkatkan kesempatan masyarakat memperoleh pendidikan;  Meningkatkan kesempatan masyarakat memperoleh pelayanan kesehatan.

Setiap misi utama tersebut dijabarkan dalam bentuk arahan kebijakan strategi dan indikasi program dalam pencapaian misi. Adapun inti, antara lain, yakni, pertama, program swasembada beras melalui pembangunan irigasi, pengembangan agrobisnis unggulan, pembibitan, pertanian organik dan pembinaan sumber daya pertanian.

Kedua, program beasiswa minimal satu orang setiap desa di Kabupaten Nias Barat, peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan usia dini, pendidikan dasar dan menengah baik jalur sekolah dan luar sekolah, serta program peningkatan kualitas tenaga pendidik dan kependidikan.

Ketiga, program pelayanan kesehatan masyarakat melalui penyediaan layanan kesehatan dasar dan rujukan, peningkatan kesehatan keluarga, kewaspadaan pangan dan gizi, penangan penyakit menular dan tidak menular, penyelenggaraan kesehatan lingkungan dan promosi kesehatan.

Keempat, program proyek padat karya bagi sekitar 110 desa, terutama dalam membangun sarana dan prasarana infrastruktur, seperti membangun jalan antar-kecamatan, dan jalan yang menghubungkan desa dengan kecamatan. Dengan proyek padat karya ini, diharapkan keterlibatan langsung masyarakat dalam pembangunan, yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan masyarakat.

Kelima, program peningkatan produktivitas usaha koperasi dan UKM, dengan menyediakan pinjaman lunak setiap desa minimal satu milliar bekerja sama dengan bank pemerintah/swasta. [YZH]


Related posts

Top