Perburuan Foto Nias Bangkit Berakhir

GUNUNGSITOLI, NIAS-BANGKIT.com — Tahapan perjalanan perburuan foto di Pulau Nias tahap II yang merupakan rangkaian Lomba Foto Gambara Nias Bangkit yang diadakan oleh Posko Delasiga kini memasuki hari keempat, Selasa (18/1/2011). Tahapan ini ditutup dengan dilangsungkannya workshop fotografi selama dua hari yang dilaksanakan di Hotel Miga Beach.

Sepanjang hari Selasa tim perburuan foto mengunjungi daerah Sirombu, Kabupaten Nias Barat. Hal itu disampaikan Yulia Qim Deebraska, salah satu panitia perburuan foto dari Kreasi Media Solusi, kepada NBC lewat komunikasi BBM (BlackBerry Message) Selasa (18/1/2011). Selesai dari Sirombu, rombongan langsung kembali ke Gunungsitoli

Dikatakan Yulia, pada hari I Sabtu (15/1/2011) rombongan menyisir daerah pantai ke arah Nias Utara. Pantai Pasir Berbunyi menjadi obyek jepretan kamera para peserta pemburuan foto. “Pasirnya berbunyi lho dan pantainya indah. Rugi deh gak datang,” kata Yulia kepada NBC. Rombongan juga menyambangi Pantai Merah dan Pantai Turagalökhö, masih di Nias Utara.

Hari kedua, 16 Januari, daerah Gomo, Börönadu, dan Hilinawalömazingö menjadi tujuan tim. Pada malam harinya tim menginap di Hotel Howu-Howu di Telukdalam, Nias Selatan. “Pada malam harinya, kami menikmati hidangan mi Aceh di Telukdalam, pedes juga, gila,” ujar Yulia.

Pada hari ketiga, rombongan tidak ketinggalan ke Bawömataluo menyaksikan tarian kolosal, Tari Perang, dan atraksi Hombo Batu (lompat batu). Setelah itu rombongan sempat mengunjungi tempat perajin kalabubu (asesoris tari perang yang dikenakan dileher seperti kalung) di Lahusa. Kemudian pada sore harinya, menyaksikan sensasi matahari terbenam (sunset) di daerah Sehe, Nias Selatan.

Workshop Fotografi

Untuk menandai berakhirnya perburuan foto, workshop fotografi kembali diadakan. Pada workshop I, 9-10 Januari 2011,  Oscar Motuloh dari Antara dan Arbain Rambey dari Kompas sebagai narasumber. Pada tahap kedua ini workshop dipandu oleh Nyoman Bayu Yudianala, Riza Marlon, Tirto Andayanto, dan Riahardy Mendröfa. Keempatnya adalah juri Lomba Foto Gambara Nias Bangkit Posko Delasiga berhadiah total Rp 248 juta itu.

Peserta workshop fotografi kali ini adalah sejumlah pencinta fotografi di Kota Gunungsitoli, para wartawan lokal, serta 10 finalis lomba foto Nias Bangkit yang melakukan pemburuan foto. Sebelumnya, 10 finalis lainnya telah menyelesaikan perjalanannya untuk memotret.

Seperti diketahui, dengan berakhirnya perjalanan perburuan foto ini, tahapan selanjutnya dari Lomba Foto Gambara Nias Bangkit 2010 ini adalah penjurian akhir hasil perburuan foto dari 20 finalis yang dilakukan oleh para juri yang diketuai oleh Arbain Rambey. Penjurian berlangsung 21-28 Januari 2011. Tanggal 28 Januari 2011 adalah pengumuman pemenangnya. “Pengumuman pemenang akan dilakukan di Nias,” ujar Arbain Rambey kepada NBC, Selasa.  [HARAZAKI/IRWANTO HULU]

Tags ,

Related posts

Top